FotografiKamera

10 Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik yang Dapat Anda Beli di Tahun 2022

Karena banyaknya tipe kamera DSLR, mungkin akan sulit bagi kalian untuk memilih model yang sesuai dengan budget dan juga fitur yang kalian butuhkan.

Kamera DSLR sampai saat ini masih menjadi primadona bagi kalangan fotografer professional, karena hasil gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus serta memiliki banyak fitur.

Kamera DSLR telah membuktikan diri sebagai kamera yang dapat diandalkan oleh banyak fotografer setiap hari.

Jadi jika anda ingin mencoba kamera yang handal untuk memenuhi kebutuhan, di bawah saya sudah menulis 10 daftar kamera DSLR terbaik yang bisa kalian coba.

Meskipun kamera mirorless akan menggantikan kamera DSLR dimasa depan, namun saya rasa kamera DSLR akan masih tetap ada.

Sebagian besar kamera DSLR saat ini menawarkan kualitas gambar yang luar biasa, kinerja autofokus yang sangat cepat, ergonomi yang sangat baik, bentuk body yang kokoh, daya tahan baterai yang lama, dan jendela bidik (viewfinder) yang lebih terang sehingga lebih disukai banyak orang daripada jedela bidik elektronik (EVF) pada kamera Mirrorless.

Daftar lensa yang tersedia untuk kamera DSLR juga sangat banyak, baik dari produsen kamera bawaan atau dari pihak ketiga, dari lensa dengan sudut ultra wide sampai super telefoto semua tersedia.

Pilihannya sangat luas karena mengingat kamera DSLR sudah beredar di pasaran sejak lama, kalian juga bisa membeli lensa klasik dengan harga murah atau lensa modern dengan desain dan coating yang canggih.

Selain itu, produsen kamera juga masih memeperbarui lini DSLR kamera populer mereka, sehingga kamera tersebut masih bisa tetep eksis dan kompetitif di pasar.

Terlepas dari inovasi yang ada di kamera mirrorless, banyak fotografer akan terus memilih kamera DSLR daripada mirrorless untuk kebutuhan fotografi mereka.

Bagi sebagian orang, kamera DSLR merupakan kamera yang tangguh yang bisa menyelesaikan pekerjaan mereka, sehingga mereka beranggapan kamera DSLR merupakan alat yang cukup untuk terus digunakan.

Berita bagusnya dengan adanya kamera mirrorless, sekarang banyak kamera DSLR harganya menjadi lebih murah dariapada sebelumnya.

Dan jika kalian ingin membeli kamera dengan kondisi bekas maka harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah lagi. Hal yang sama juga berlaku untuk lensa DSLR.

Kamera DSLR terbaik di tahun 2021

Di artikel ini saya menyusun 10 daftar kamera DSLR terbaik yang bisa kalian beli ditahun 2021, meskipun daftar yang saya buat ini subjektif, kamu bisa memberikan pendapatmu di bagian kolom komentar dibawah.

Dan berikut adalah 10 daftar teratas kamera dslr yang bisa kalian beli di tahun 2021 :

1. Nikon D850

Kamea DSLR yang menempati posisi #1 dalam daftar adalah Kamera DSLR Nikon D850, kamera ini bisa dibilang DSLR berteknologi paling canggih yang pernah dibuat oleh Nikon.

Berkat sensor CMOS BSI full-frame 45,7 MP yang mampu menangkap detail ekstrem dan dynamic range yang luar biasa, Nikon D850 adalah kamera impian untuk kebutuhan fotografi landscape, arsitektur, dan studio.

Digabungkan dengan sistem autofokus kelas atas, sensitivitas low light auto fokus, 181,000-pixel RGB meter yang canggih, prosesor EXPEED 5 yang cepat, dan continuous shooting speed 7 frame per detik (fps) yang mengesankan yang dapat diperpanjang hingga 9 fps dengan MB-D18 baterai grip dan daya tahan baterai yang luar biasa, D850 juga merupakan alat yang tangguh untuk memotret aksi, membuatnya sangat diinginkan untuk fotografi olahraga dan alam liar (sports dan wildlife photography). Di sisi video, perekaman video full-frame 4K dengan kemampuan untuk menghasilkan video tanpa kompresi 4:2:2 melalui HDMI, video slow motion, serta kemampuan pengambilan gambar timelapse 4K dan 8K menjadikannya pilihan utama untuk kebutuhan videografi. Dan yang terakhir, fitur seperti focus stacing, layar lcd yang bisa di sentuh (touchscreen) dan bisa dimitingkan (tilting), mempunyai built in Wifi dan Bluetooth, menggunakan bahan weather-sealed, dan slot kartu memori ganda yang membuat kamera Nikon D850 ini menjadi kamera serbaguna “Bisa melakukan semuanya”.

Dan terakhir, semua fitur tambahan seperti penumpukan fokus, layar LCD berkemampuan sentuh yang dapat dimiringkan, tombol yang menyala, WiFi dan Bluetooth bawaan, konstruksi tahan cuaca, dan slot kartu ganda menunjukkan bahwa Nikon menggunakan semua yang ada di gudangnya untuk membuat Nikon D850 kamera serbaguna “lakukan semua”.

Sejak diumumkan pada bulan Agustus 2017, kamera ini berhasil terjual habis dalam waktu singkat, karena banyaknya permintaan yang datang untuk membeli kamera ini nikon mengalami kesulitan untuk memproduksi DSLR D850 yang cukup untuk pasar. Meskipun Nikon telah sukses dengan kamera-kamera sebelumnya, sepertinya D850 telah menjadi kamera Nikon yang paling dicari sampai saat ini.

2. Pentax K1 II

Dari segi fitur , DSLR Pentax K1 II milik Perusahaan Ricoh ini memiliki segudang fiutur, dia memiliki 5-axis in-body image stabilization (IBIS), Pixel Shift yang mengambil banyak gambar lalu dijadikan satu gambar dengan beresolusi tinggi, serta fitur Astrotracer yang secara otomatis mengkompensasi rotasi bumi saat mengambil gambar bintang. hal ini membuktikan bahwa bukan hanya kamera mirrorless saja yang bisa menghadirkan teknologi baru dan menarik ke kamera.

Meskipun Ricoh hanya memberikan sedikit pembaruan pada Pentax K1 II, sebagian besar perubahannya hanya ada pada fitur yang ada, Ricoh masih merupakan salah satu DSLR paling mumpuni di pasaran, menawarkan banyak fitur yang dengan harga dibawah 29.000.000 (Kurs $1 = Rp 14.000). Satu-satunya kekurangan dari kamera Pentax saat ini adalah pemilihan lensa yang kurang banyak dan terbatas, dengan hanya sekitar 14 lensa modern yang dapat dipilih, Pentax perlu melakukan lebih banyak pengembangan lensa untuk menjadikannya sistem DSLR yang benar-benar menarik.

3. Nikon D810

Meskipun Nikon D810 telah digantikan oleh D850, tetapi kamera ini masih menjadi kamera DSLR yang sangat baik bagi mereka yang tidak membutuhkan resolusi lebih dari 36 MP dan semua fitur tambahan yang ada pada D850 baru. Sekitar 7 juta lebih murah daripada penggantinya, D810 masih tersedia secara luas di sebagian besar toko kamera.

Tidak ada banyak keluhan yang terjadi di kamera ini. Kamera ini dapat digunakan dalam segala kondisi cuaca, mulai dari bukit pasir hingga suhu di bawah nol derajat pada elevasi tinggi.

4. Nikon D780

Jika kalian tidak membutuhkan kamera dengan resolusi 36+ MP dan Kalian menginginkan fitur dan harga yang imbang, Maka Nikon D780 adalah pilihan yang tepat, kamera full-frame lain dari Nikon yang saya rekomendasikan. Kmera D750 bisa dibilang kamera DSLR yang paling bernilai di pasaran, dan setelah Nikon mengeluarkan D780, kamera ini dengan cepat menggantikannya sebagai rekomendasi utama saya. D780 menghadirkan fitur yang luar biasa, resolusi sensor, kualitas gambar, ergonomis, sistem auto fokus yang sangat baik, dan harga jauh lebih murah di antara DSLR Nikon saat ini. Nikon D780 adalah kamera yang serba bisa yang dapat digunakan secara efektif untuk sebagian besar kebutuhan fotografi. Alhasil, kamera ini menempati posisi ke 4 sebagai rekomendasi DSLR teratas.

5. Canon 5D Mark IV

Kamera ini memiliki sensor 30.4MP yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa (bahkan pada ISO tinggi), sistem AF 61 titik yang canggih, kecepatan pemotretan beruntun 7 fps (continuous shooting speed), perekaman video 4K, WiFi / GPS internal, dan Dual Pixel AF yang luar biasa saat menggunakan Live View, Canon 5D Mark IV adalah kamera yang tangguh untuk fotografer hobi dan profesional. Terlepas dari semua kecanggihan yang telah kita lihat dengan kamera mirrorless selama beberapa tahun terakhir, sulit untuk menemukan kamera yang dapat melakukan auto fokus dengan cepat saat merekam video seperti Canon 5D Mark IV (dan kamera Canon lainnya yang memiliki fitur Dual Pixel AF yang sama).

6. Canon 6D Mark II

Ketika Canon 6D Mark II dirilis, banyak orang menjulukinya sebagai salah satu rilisan kamera terburuk dalam sejarah Canon. Karena tidak menawarkan banyak fitur modern yang diharapkan oleh fotografer dan videografer seperti perekaman video 4K dan Dynamic Range yang ditingkatkan, dan tampaknya tidak mampu bersaing dengan pesaingnya di pasar. Namun, jika fotografer yang memiliki Canon 6D ingin mengupgrade kameranya, maka Canon 6D Mark II adalah pilihan yang bisa dibilang tepat, karena kamera ini memiliki resolusi yang lebih besar (26,2 MP vs 20,2 MP), continuous shooting speed yang lebih cepat (6,5 fps vs 4,5 fps), sistem auto fokus yang jauh lebih mumpuni (45-point all-cross type AF vs 11-point AF dengan cross-type sensor tunggal), LCD touchscreen yang dapat diartikulasikan sepenuhnya, GPS/WiFi/Bluetooth internal, dan yang terpenting, Dual Pixel AF untuk deteksi dan pelacakan wajah yang sangat akurat saat merekam video.

Faktanya, Dual Pixel AF pada Canon 6D Mark II ternyata sangat bagus, sehingga menjadikan kamera ini sebagai favorit banyak vlogger di YouTube. Dengan harga Rp 23.226.800, Canon 6D Mark II menawarkan nilai dan fungsi yang baik bagi banyak fotografer dan videografer.

7. Canon 5DS R

Setelah kamera Nikon D810 dan Sony A7R / A7R II dirilis, banyak fotografer Canon yang tidak senang dengan pernyataan bahwa Canon tidak menawarkan kamera beresolusi tinggi untuk kebutuhan fotografi landscape, makro, studio, dan produk di mana resolusi itu penting. Dan untungnya Canon memberi jawaban yaitu kamera 5DS / 5DS R yang menawarkan resolusi 50,6 MP, lebih besar dari pesaing mana pun saat itu. Menariknya, bahkan hingga hari ini di tahun 2021, kamera Canon 5DS/5DS R masih menawarkan resolusi lebih dari hampir semua kamera full-frame lainnya di pasaran!

Meskipun Canon 5DS / 5DS R mungkin tidak memiliki fitur video canggih seperti Dual Pixel AF atau perekaman video 4K, mereka yang menggunakan kamera ini berpendapat bahwa bukan itu yang dirancang untuk kamera ini. Fotografer Canon yang membutuhkan banyak resolusi oleh kareana itu mereka menggunakan kamera ini untuk kebutuhan mereka.

8. Nikon D500

Nikon D500 adalah salah satu rilisan kamera yang paling dinanti dalam sejarah Nikon pada saat itu. Dengan begitu banyak fotografer olahraga dan satwa liar yang menginginkan kamera APS-C cepat dengan fitur pro, dan sampai perusahaan akhirnya mewujudkannya, memberikan semua yang mereka minta. Akibatnya, Nikon D500 menjadi pilihan bagi banyak fotografer Nikon.

Berkat sistem autofokusnya yang sangat cepat yang diambil dari jajaran teratas Nikon D5, cepatnya continuous shooting speed 10 fps, buffer besar yang mampu memuat hingga 200 gambar RAW, prosesor EXPEED 5 yang cepat, sistem pengukuran yang akurat, dan performa low light yang sangat baik. Nikon D500 adalah pilihan utama fotografer di antara kamera DSLR APS-C.

Tambahkan ergonomi Nikon yang sangat baik, LCD resolusi tinggi yang indah, perekaman video 4K, dan baterai yang kuat yang memungkinkan pemotretan lebih dari 1200 pemotretan dengan sekali pengisian daya.

9. Nikon D7500

Jika harga Nikon D500 terlalu mahal untuk kalian, Kalian bisa memilih opsi lainnya yang lebih kecil, Nikon D7500. Dengan perbedaan harga sekitar 10 jutaan, Nikon D7500 menawarkan sensor resolusi yang sama dan prosesor EXPEED 5 yang sama, sehingga kalian dapat melihat kualitas gambar yang sangat mirip dengan harga yang lebih murah.

Nikon D7500 dapat memotret continuous shooting speed terbatas di 8 fps (vs 10 fps pada D500), memiliki buffer yang relatif kecil dari 50 gambar RAW, satu slot kartu memori SD, dan sistem autofokus 51 titik yang lebih lama dibanding D500.

10. Canon 7D Mark II

Yang terakhir adalah Canon 7D Mark II. Meskipun sudah lama sejak Canon memperbarui lini kamera DSLR nya, kamera ini tetap menjadi kamera fotografi aksi teratas untuk fotografer Canon di luar sana, berkat continuous shooting speed yang cepat hingga 10 fps, sistem AF point all cross 65 titik yang luar biasa, kinerja ISO tinggi yang hebat, dan ergonomis yang luar biasa.

Akan sangat bagus jika Canon memperbarui kamera dengan teknologi yang lebih baru seperti fitur perekaman video 4K, buffer yang lebih besar yang dapat menampung lebih dari 31 gambar RAW, jenis media yang lebih cepat, layar sentuh LCD resolusi tinggi yang dapat diartikulasikan, dan daya tahan baterai yang unggul untuk membuatnya kompetitif. dengan Nikon D500. Sudah hampir empat tahun sejak Canon 7D Mark II dirilis, jadi inilah saatnya bagi Canon untuk menghadirkan upgrade berikutnya dari kamera populer ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button